Kamis, 06 Agustus 2015

Wisata Yang Kental Dengan Mitos

Tempat wisata pada dasarnya tidak hanya keindahannya saja yang ditawarkan, selain itu ada beberapa hal yang terkadang susah dipercaya, yakni masalah mitosnya, mitos ini terkadang membuat orang takut, terkadang pula ada orang yang biasa-biasa saja yang mendengarnya. Dengan adanya beberapa mitos dari tempat wisata tersebut, inilah yang terkadang membuat tempat itu menjadi sangat populer dan paling dikenal oleh masyarakat.
Di Indonesia sendiri banyak sekali tempat wisata yang mempunyai banyak mitos, ada sebagian masyrakat yang tetap kental dengan mitosnya, adapula yang tidak begitu memperhatikan, paling banyak sih mitos tersebut masih dipercaya dan masih menjadi adat yang kental bagi sebagian warga.
Sengaja kali ini penulis berikan informasi tentang beberapa tempat Wisata Lombok yang penuh dengan mitos, dan seperti yang telah penulis lansir dihalaman berikut, inilah Wisata Yang Kental Dengan Mitos
1.       Air terjung mayung putek. Salah satu air terjun yang letaknya di desa sajang sembulan di Lombok timur adalah air terjun mayung putek, salah satu keistimewaan dari air terjun ini adalah, airnya mengandung belerang, destienasi ini sepertinya wajib Anda kunjungi, memiliki arti rusa putih dari namanya mayung putek, konon ceritanya dari warga, jika setiap mandi ditempat ini maka akan seperti melihat rusa putih yang sedang minum serta mandi, air terjun ini luasnya sekitar 60 meter, dan air terjunnya juga tergolong tinggi, air terjun disini juga terlihat deras sekali, dan air terjun in idipercaya bisa menyembuhkan berbagai macam segala penyakit.
2.       Air terjun tiu kelep. Banyak sekali yang mempercayai jika kita mandi di air terjun tiu kelep ini maka akan selalu membuat kita awet muda, air terjun ini berada dikecamatan bayan di Lombok utara, dan tingginya mencapau 42 meter, dan air terjunnyapun sangat deras sekali, cocok sekali untuk tempat berenang bersama keluarga, buih airnya pun banyak yang berterbangan di udara.
3.       Makam selaparang. Letak makam selaparang ini letaknya di kecamatan swela 65 km di kota mataram, Anda diharuskan membayar 5 ribu perorang, bagi para wisatawan Anda diharuskan perlu dan sangat penting sekali untuk mentaati peraturan, salah satunya dilarang memotret, dan disini juga diharuskan memakai baju yang sopan, dan bagi yang sedang menstruasi dilarang untuk datang ketempat ini, disini ada beberapa makam yang umumnya banyak sekali dikunjungi, dan ada salah satu mitos yang kental sekali disini, yakni apabila para pengunjung menebar bunga dan membasuhkan kemukanya dengan air, hal ini dipercaya anak tersebut akan segera mendapatkan jodoh.
4.       Makam loang baloq. Disini makamnya terdapat pulhan jasad, dan ada salah satu makam yang ternyata paling istimewa yakni makam (Syech Gaus Abdurrazak), beliau ini adalah satu pendakwah yang menyebarkan ajaran Agama Islam, dan ada juga disini tradisi bagi anak-anak untuk memotong rambutnya ketika mereka berkunjung kemakam ini, dan ada juga beberapa peziarah yang mengucapkan nazar, dan tujuannya tidak lain hanya ingin keinginannya tersebut terkabul dan cepat terlaksana, dan ada juga kegiatan yang biasa dilakukan yakni mengikatkan sesuatu benda ke akar dan digantunglah, dan disini mereka akan membuka lagi ikatannya tersebut lalu membayar nazar yang disampaikan tadi.
Sekian saja beberapa informasi yang semoga saja berguna bagi para pembaca yang mungkin saat ini memang sedang mencari tempat wisata dibeberapa wilayah termasuk diwilayah Lombok, tidak terlalu dipentingkan untuk mitosnya, yang pasti Anda bisa berlibur dan berkunjung ketempat tujuan Anda, itulah Wisata Yang Kental Dengan Mitos, terima kasih sudah berkunjung dan disini penulis mohon maaf apabila ada beberapa tempat yang kurang sefaham dengan penelitian dari para pembaca. Semoga bermanfaat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar